Indikasi Dan Syarat Persalinan Di Rumah

Diposting oleh PERPUSTAKAAN ONLINE KEBIDANAN

Indikasi dilakukannya persalinan di rumah adalah sebagai berikut:
1. Multipara. Umumnya ibu yang baru pertama kali bersalin dianjurkan bersalin di rumah sakit atau di klinik bersalin. Jika pada waktu melahirkan bayi pertama itu tidak mengalami kesulitan, melahirkan bayi berikutnya di rumah sendiri dapat diizinkan.
2. Selama melakukan asuhan antenatal tidak didapati adanya kelainan atau penyakit yang akan menyulitkan proses persalinan.
3. Jauh dari tempat pelayanan kesehatan (tinggal di pemukiman pedesaan).


Mengingat fungsi pertolongan persalinan yang sangat berat, dalam melakukan pertolongan persalinan di rumah diperlukan pemenuhan persyaratan sebagai berikut:

1. Persiapan penolong (bidan).
a. Kemampuan. Dalam bidang psikologi, kemampuan ini diartikan sebagai kesanggupan. Mengingat pentingnya dan risiko yang dihadapi, bidan harus mempunyai kemampuan yang cukup terampil, cepat berpikir, cepat menganalisis, cepat menginterpretasi tanda dan gejala, cepat menyusun konsep, dan mempunyai pengetahuan serta pengalaman.
b. Keterampilan. Pekerjaan bidan adalah pekexjaan yang bersifat keterampilan. Oleh karena itu, bidan harus memiliki keterampilan yang cukup banyak dalam segala perawatan, pertolongan, dan persalinan.
c. Kepribadian, yang dimaksud dengan kepribadian adalah kesehatan jasmani dan rohani dalam segala aspek, yang merupakan organisasi yang dinamis yang akan selalu mengalami perubahan dan perkembangan, aspek-aspek tersebut ialah fisik, maturitas atau kematangan, mental, emosi, dan sikap.

2. Persiapan alat.
a. Jika akan melahirkan di rumah, pasien dianjurkan untuk memilih kamar yang terbaik untuk bersalin.
b. Sediakan perlak berukuran sekitar 1,5 m sebagai alas tempat tidur bersalin.
c. Lampu yang cukup terang jika ternyata melahirkan di malam hari.
d. Dua baskom, satu untuk cuci tangan dan lainnya berisi air hangat untuk memandikan bayi.
e. Sabun cuci tangan dan sabun bayi.
f. Minyak adas, minyak kelapa untuk membersihkan lemak-lemak yang melekat pada tubuh bayi.

Klik link dibawah untuk informasi lainnya

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar