Asuhan Kebidanan Pada Kala 1

Diposkan oleh PERPUSTAKAAN ONLINE KEBIDANAN

Kala I dimulai sejak ada pembukaan sampai pembukaan lengkap, yaitu sejak pembukaan 1 sampai pembukaan 10. kala I dibagi lagi menjadi 2 fase, yaitu

  1. fase laten . Fase laten dimulai sejak pembukaan 1 sampai 3, fase laten ini biasanya berlangsung lama, lebih kurang 8 jam, tetapi tidak menutup kemungkinan kurang dari 8 jam.
  2. fase aktif. Fase aktif  dimulai  sejak pembukaan 4 sampai 10, fase aktif ini biasanya berlangsung 2 jam setiap kali pembukaan. tetapi pada multipara biasanya lebih cepat dan paling lama 1 jam setiap pembukaan.
Pada fase laten, biasanya ibu sering tidak merasakan nyeri yang terlalu, sebab kontraksi pada janin belum begitu kuat sehingga pada pase laten calon ibu masih bisa berjalan, makan dan duduk tanpa rasa nyeri yang kuat. tetapi tidak menutup kemungkinan ada sebagian calon ibu yang merasakan hal berbeda, ibu merasakan sakit sejak pembukaan pertama, biasanya ini disebabkan kondisi ibu yang tidak terlalu tahan dengan rasa sakit. Untuk sebab itu, bagi ibu yang belum merasakan sakit yang terlalu kuat, sebaiknya pada fase laten yaitu sejak pembukaan 1 sampai pembukaan ke 3 ibu harus mempersiapkan tenaga dengan makan istirahat, agar pada saat pembukaan sudah mulai membesar ibu sudah menyiapkan tenaga ekstra agar kondisi ibu tidak lemah disaat mengeden.

Pada fase aktif ini biasanya ibu sudah merasakan nyeri yang hebat, sebab kontraksi pada janin sudah mulai meningkat, yang disebabkan turunnya kepala sehingga membuat ibu merasakan sakit yang luar biasa diseratai dengan rasa ingin BAK (Buang Air Kecil) terus menerus. Bagi ibu yang ingin selalu BAK(buang air kecil) jangan ditahan, sebab jika ditahan makan kepala bayi sulit untuk memalui panggul ibu karena tertahan kantong urine yang penuh. Pada kondisi seperti ini sebaiknya ibu mencari kesempatan untuk makan dan istirahat pada saat kontraksi mulai berkurang, sehingga pada saat pembukaan sudah lengkap dan ibu dianjurkan mengeden ibu sudah memiliki banyak tenaga yang tersimpan. Semakin kuat rasa sakit ini  justru lebih baik, karena pembukaan akan semakin cepat dan janin pun akan lebih cepat lahirnya.

Klik link dibawah untuk informasi lainnya

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar