Tips Merawat Kebersihan Diri Saat Hamil

Diposting oleh PERPUSTAKAAN ONLINE KEBIDANAN

Tips merawat kebersihan diri saat hamil sangat dianjurkan bagi ibu muda yang baru pertama kali hamil. Sebab banyak ibu muda yang malas menjaga kebersihan diri saat hamil, dengan alasan bayi yang dikandungnya membuat ibu malas untuk menjaga kebersihan diri, padahal merawat kebersihan diri saat hamil penting bagi ibu dan bayi, agar selalu merasa segar saat akan beraktifitas. berikut ini beberapa tips merawat kebersihan diri saat hamil :

  1. Bangun jam 5 – jam 6 untuk olah raga dipagi hari, misalnya jalan keliling kompleks tanpa memakai sandal, metode ini baik bagi ibu hamil dan bayi, selain berolah raga, jalan dipagi hari ini dapat mengurangi rasa sakit saat hamil
  2. Mandi minimal 2 kali sehari agar ibu selalu merasakan segar setiap hari sehingga ibu dengan senang hati melakukan kegiatan karena badan terasa segar.
  3. Gosoklah gigi minimal 3 kali sehari, agar ibu tidak terkena sakit gigi atau penyakit pada mulut yang mengganggu ibu dan bayi. misalnya jika ibu sakit gigi, pasti sulit sekali ibu akan makan, sehingga nutrisi bagi ibu dan bayi tidak terpenuhi.
  4. Gunakan sabun pada saat mandi, sebab akan memberikan keharuman pada tubuh ibu sehingga menjalankan aktifitas dengan rasa yang nyaman.
  5. Gunakan sampo pada saat mandi, agar kepala terasa segar dan ibu tidak merasakan risau karena mencium bau rambut yang tidak sedap, gatal dikulit kepala dan lain sebagainya,  untuk itu gunakan sampo pada saat mandi.
  6. Jika kuku jari ibu sudah panjang, segeralah ibu untuk memotongnya, sebab jika kuku ibu panjang akan menjadikan sarang kuman, sehingga pada saat ibu menggunakan kuku ibu untuk bercebok atau menggaruk kuman akan menempel ditempat yang ibu gunakan untuk bercebok dan menggaruk.
  7. Pakailah wangi wangian setelah mandi sebab akan mengurangi sedikit rasa tidak nyaman, tetapi jangan terlalu banyak, ditakutkan akan menimbulkan rasa mual, gunakan farfum yang tidak terlalu menyengat.
  8. Cuci lah baju yang sudah dipakai, jangan membiarkan menumpukkan pakaian dikamar sebab akan mengundang nyamuk disekitar kamar.
  9. Gunakan lotion anti nyamuk agar terhindar dari nyamuk demam berdarah.
  10. Gunakan kelambu pada saat akan tidur dimalam hari guna menjaga dan melindungi ibu dari nyamuk. sehingga ibu tidak takut untuk terbangun dimalam hari karena gangguan nyamuk.
Klik link dibawah untuk informasi lainnya

    { 0 komentar... read them below or add one }

    Posting Komentar