Makanan Berlemak Dapat Meningkatkan Resiko Kanker Payudara

Diposting oleh PERPUSTAKAAN ONLINE KEBIDANAN

Ada ungkapan lama yang mengatakan, ‘selagi muda, makanlah sepuasnya. Mumpung belum tua..’. bagi saya pepatah itu konyol banget. Seharusnya, selagi muda jagalah makananmu sebelum menyesal di kemudian hari.

Banyak orang tua di zaman ini yang menderita penyakit berat karena pola makan yang tidak sehat di masa muda. Makanan yang kita makan di masa muda ini mempengaruhi kesehatan kita di usia 30 tahun ke atas, terutama yang menyangkut masalah makanan berlemak tinggi. Menurut riset terkini, mengkonsumsi makanan berlemak tinggi di masa remaja dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara di masa dewasa.

Menurut profesor fisiologi Sandra Haslam, direktur Pusat Kanker Payudara dan Riset Lingkungan MSU, “Masa pubertas sangat penting, karena itulah masa ketika kerangka dasar dibuat untuk pengembangan kelenjar susu. “Apa yang kita lihat dari penelitian pendahuluan pada hewan adalah bahwa diet tinggi lemak selama masa pubertas dapat memicu respon inflamasi yang dapat merangsang pertumbuhan kanker di masa dewasa.”

Dia juga menyarankan para gadis remaja untuk mengurangi porsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi seperti kentang goreng, pizza, es krim, sosis, keju, sop sandung lamur dan sate kambing adalah makanan yang lezat. Bukan berarti tidak boleh dimakan, tetapi kurangilah porsinya dan juga kurangi frekuensinya. Professor ini justru menyarankan para gadis remaja dan dewasa agar lebih banyak mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, unggas dan ikan untuk memperkecil resiko kanker di masa dewasa terutama kanker payudara.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar