Gejala, Penyebab, Dan Pengobatan Hamil Diluar Kandungan

Diposkan oleh PERPUSTAKAAN ONLINE KEBIDANAN

Hamil di luar kandungan atau dalam istilah medis disebut ectopic pregnancy merupakan suatu kondisi kehamilan yang tidak menguntungkan dimana sel telur yang telah dibuahi (zygote) melekat dan tumbuh di luar rahim. Dalam kasus hamil di luar kandungan, zygote melekat di luar rahim sehingga menimbulkan masalah serius. Dalam kasus ini bisa saja zygote melekat dan tumbuh di saluran telur (tuba falopi), indung telur (ovarium), leher rahim (serviks) atau rongga perut.

Kehamilan di luar kandungan terjadi karena
saluran telur (tuba fallopi) tidak berfungsi secara normal. Fungsi utama tuba fallopi adalah mengantarkan sel telur dari indung telur (ovarium) menuju ke rahim. Sel telur dibawa ke rahim dengan menggunakan gerak peristaltik pada tuba fallopi. Dalam kasus terjadinya hamil luar kandungan, gerak peristaltik saluran telur justru tidak bisa membawa sel telur yang telah dibuahi hingga sampai di rahim. Akibatnya, zygote tertanam dan tumbuh di saluran telur yang terletak di antara ovarium dengan rahim.

Terhambatnya fungsi gerak peristaltik pada saluran telur biasanya disebabkan karena adanya infeksi pada saluran telur, akibat adanya tumor atau karena sel telur terlalu lengket sehingga zygote tidak bisa sampai ke rahim. Zygote yang terbentuk pada kasus kehamilan luar kandungan bisa saja tumbuh di saluran telur, indung telur (ovarium), atau mungkin di leher rahim.

Biasanya gejala hamil di luar kandungan mulai terasa sejak usia kehamilan sekitar 6 hingga 10 minggu. Pada awalnya, tanda-tanda awal kehamilan sama seperti kehamilan yang normal, namun tanda-tanda terjadinya kehamilan ini mulai terlihat dengan adanya sakit di salah satu panggul, vagina mengeluarkan darah padahal sedang hamil (menstruasi tidak terjadi pada wanita hamil), nyeri terasa di perut bagian bawah, sering pingsan dan mual-mual yang berlebihan. Jika gejala ini sudah terjadi, segera lakukan konsultasi ke dokter spesialis kandungan. Biasanya dokter spesialis kandungan akan melakukan USG untuk melihat posisi embrio.

Namun sebisa mungkin jika anda sudah positif hamil, maka segera konsultasikan ke dokter kandungan. Cara ini sangat efektif untuk mendeteksi hamil di luar kandungan sebelum merasakan gejala awalnya. Jika sudah parah nyeri di perut semakin intens frekuensinya, denyut nadi cepat dan wajah pucat.

Kehamilan di luar Kandungan atau disebut juga hamil anggur merupakan kehamilan dimana zygote terbentuk di luar dinding rahim seperti di saluran telur, leher rahim, dan ovarium. Pengobatannya membutuhkan bantuan medis, tidak bisa sembarangan.

Jika kehamilan abnormal ini dideteksi lebih awal, dokter lebih mudah menanganinya, karena zygote masih lemah dan dapat dengan mudah dihancurkan. Diantaranya dengan memberikan obat-obatan untuk menghancurkan zygote yang sudah melekat di luar rahim dengan normal, atau bisa juga dikeluarkan dengan alat khusus. Jika sudah cukup parah, maka tindakan yang paling tepat adalah dengan tindakan operasi.

Wanita yang pernah mengalami hamil luar kandungan memiliki peluang untuk mengalaminya lagi pada kehamilan berikutnya sebesar 12%. Sekita 60% wanita yang pernah mengalami hamil luar kandungan bisa mendapatkan kehamilan pada periode berikutnya dan 10% mengalami ketidaksuburan. Karena itu, kenalilah gejalanya sebelum terlambat selama-lamanya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar