Efek Samping Penggunaan Dot Pada Bayi

Diposting oleh PERPUSTAKAAN ONLINE KEBIDANAN

Balita memang menggemaskan. Selalu menarik perhatian kedua orang tuanya. Setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya, banyak yang memberikan susu formula yang diminumkan dengan menggunakan dot. Namun sadarkah anda betapa pemberian dot pada bayi memiliki efek samping?

Hasil riset terkini menyebutkan bahwa dot ternyata memiliki efek samping pada bayi, baik dari segi kesehatan maupun dari segi perkembangan balita kedepannya. Biasanya, dot terbuat dari lateks atau silikon. Silikon adalah sejenis karet yang lentur dan biasanya menjadi bahan dasar dalam industri ban mobil. 

Berbagai jurnal medis yang telah dirilis menyebutkan bahwa lateks disebut sebagai zat yang membahayakan kesehatan karena menyebabkan alergi. Dan inilah yang selalu dihisap oleh lidah kebanyakan balita selama minum susu selama berjam-jam setiap hari. Diduga zat kimia dalam lateks dan silikon ini dapat merembes dan mengganggu sistem dalam tubuh bagi balita dalam jangka panjang. Sebagai alternaif, jika bayi sudah berusia di atas 8 bulan tetaplah beri dengan ASI atau jika terpaksa menggunakan susu formula, gunakanlah sendok kecil atau gelas. 

Latihlah bayi anda minum dengan sendok kecil atau gelas sebelum penggunaan dot plastik atau silikon merusak tubuh bayi anda lebih jauh.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar