Waktu Atau Durasi Normal Tidur Pada Anak-Anak

Diposting oleh PERPUSTAKAAN ONLINE KEBIDANAN

Tidur itu penting sekali bagi perkembangan manusia terutama anak-anak karena pertumbuhan lebih banyak terjadi pada saat tidur. Kekurangan dan kelebihan tidur dapat mempengaruhi kestabilan kesehatan. Jumlah kebutuhan manusia berbeda tergantung dari faktor individu dan faktor usia juga. Artikel kali ini membahas lama tidur yang normal pada anak-anak.
Untuk bayi Usia 1-4 Minggu. Durasi tidurnya pendek tapi sering tidur. Misalnya tidur selama 10 menit, lalu bangun sambil nangis, minta mimik sama ibunya. Setelah itu, tidur lagi, begitu seterusnya. Tapi jika ditotal, durasi tidur selama sehari semalam adalah 15 sampai 18 jam. Bayi yang lahir prematur biasanya memiliki jam tidur yang lebih lama.

Untuk Bayi Usia 1-4 Bulan. Sekali tidur biasanya mulai 4 sampai 6 jam, artinya pola tidurnya semakin terbentuk. Total durasi tidur selama sehari semalam adalah jumlah kebutuhan tidurnya mencapai 14 sampai 15 jam sehari.


Untuk Bayi Usia 4-12 Bulan. Sekali tidur biasanya berdurasi sekitar 2 jam, dan mulai bisa tidur teratur pada malam hari. Tidur siang biasanya mulai pukul 9 pagi dan berlangsung satu jam, tidur siang kedua biasanya mulai pukul 12 sampai 2 siang dan berlangsung sekitar satu sampai dua jam, tidur siang ketiga berlangsung sekitar pukul 3 sampai 5 sore.

Untuk Bayi Usia 4-12 Bulan Total jam tidur mencapai lima belas jam, namun kebanyakan bayi yang berumur lebih dari 11 bulan hanya mendapatkan tidur selama 12 jam. Membentuk kebiasaan tidur yang sehat adalah tujuan utama Anda selama periode ini, karena bayi Anda kini jauh lebih bersosialisasi, dan pola tidurnya sudah seperti orang dewasa.


Untuk Bayi Usia 1-3 Tahun. Berkemungkinan akan mengurangi jadwal tidur siangnya hingga menjadi satu kali tidur siang dalam sehari dan berlangsung sekitar 1 sampai 3 setengah jam. Sebenarnya balita saat ini memerlukan jumlah tidur 12 sampai 14 jam dalam sehari semalam, namun mereka biasanya hanya mendapatkan waktu sampai 10 jam per harinya. Kebanyakan mereka pergi tidur di malam hari pada pukul 7 sampai 9 malam, dan bangun antara pukul 6 sampai 8 pagi.

Untuk Balita Usia 3-6 Tahun. Jumlah durasi kebutuhan tidur anak pada usia ini adalah sekitar 10 sampai 12 jam. Biasanya mulai tidur di malam hari pada pukul 7 sampai 9 malam, dan bangun antara pukul 6 sampai 8 pagi seperti yang telah mereka sebelumnya. Pada umur 3 tahun, sebagian masih ada yang mempertahankan waktu tidur siangnya, namun sebagian besar tidak. Durasi tidur siang juga menjadi pendek juga secara berangsur-angsur. Permasalahan pola tidur biasanya tidak berkembang setelah umur 3 tahun.

Untuk Anak Usia 7-12 Tahun. Pada usia ini, dengan kehidupan sosial, sekolah, dan aktivitas keluarga, waktu tidur secara bertahap menjadi semakin larut dan larut, bahkan anak berumur 12 tahun biasanya baru pergi tidur sekitar pukul 9 malam. Jangkauan tidur anak usia ini berkisar antara pukul 7.30 malam sampai pukul 10 malam, serta waktu tidur total antara 9 sampai 12 jam, meskipun rata-rata mereka tidur hanya selama 9 jam per harinya.


Untuk Anak Remaja Usia 12-18 Tahun. Pada usia ini, anak Anda perlu jumlah tidur berkisar antara 8 sampai 9 jam sehari. Peringatan untuk tidur pada usia remaja sama pentingnya dengan sebelum-sebelumnya. Walaupun tekanan sosial kini lebih berat dalam melawan jumlah tidur yang tepat dan kualitas tidur yang bagus, tetaplah menerapkan pola tidur yang sehat kepada anak Anda, meskipun mereka telah beranjak remaja.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar