Kehamilan Pada Remaja

Diposting oleh PERPUSTAKAAN ONLINE KEBIDANAN

Masyarakat menghadapi kenyataan bahwa kehamilan pada remaja makin meningkat dan menjadi masalah. Terdapat dua faktor yang mendasari perilaku seks pada remaja. Pertama, harapan untuk kawin dalam usia yang relatif muda (20 tahun) dan kedua, makin derasnya arus informasi yang dapat mcnimbulkan rangsangan seksual remaja terutama remaja di daerah perkotaan yang mendorong remaja untuk melakukan hubungan seks pranikah di mana pada akhirnya memberikan dampak pada terjadinya penyakit hubungan seks dan kehamilan di luar perkawinan pada remaja.

Pada akhirnya, masalah kehamilan remaja mempengaruhi diri remaja itu sendiri, dari masyarakat mereka mendapat cap telah berperilaku di luar norma dan nilai-nilai yang wajar, sehingga memberikan konflik bagi mereka seperti masalah putus sekolah, psikologis, ekonomi, dan masalah dengan keluarga serta masyarakat disekitarnya.

Untuk mendapatkan gambaran yang Iebih jelas tentang masalah di atas, berikut akan diuraikan secara rinci faktor-faktor yang perlu mendapatkan perhatian.

1. Masalah kesehatan reproduksi.
Kesehatan reproduksi merupakan masalah penting untuk mendapatkan perhatian terutama di kalangan remaja. Remaja yang kclak akan menikah dan menjadi orang tua sebaiknya mempunyai kesehatan reproduksi yang prima, sehingga dapat menurunkan generasi sehat. Di kalangan remaja telah terjadi semacam revolusi hubungan seksual yang menjurus ke arah liberalisasi yang dapat berakibat timbulnya berbagai penyakit hubungan seks yang merugikan alat reproduksi. Bila pada saatnya diperlukan untuk hamil normal, besar kemungkinan kesehatan reproduksi sudah tidak optimal dan dapat menimbulkan berbagai akibat samping kehamilan. Dengan demikian dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatannya sehingga dapat mempersiapkan diri untuk hamil dalam keadaan optimal.

2. Masalah psikologis pada kehamilan remaja.
Remaja yang hamil di luar nikah menghadapi berbagai masalah psikologis, yaitu rasa takut, kecewa, menyesal, dan rendah diri terhadap kehamilannya sehingga terjadi usaha untuk menghilangkan dengan jalan gugur kandung. Gugur kandung mempunyai kerugian yang paling kecil bila dibandingkan dengan melanjutkan kehamilan. Syukur bila kehamilannya terjadi menjelang perkawinan sehingga segera dilanjutkan dengan pernikahan. Keadaan akan makin rumit bila pemuda atau laki-laki yang menghamili malah tidak benanggung jawab sehingga derita hanya ditanggung sendiri dan keluarga. Keluarga pun menghadapi masalah yang sulit di tcngah masyarakat seolah-olah tidak mampu memberikan pendidikan moral kepada anak gadisnya.

Kehamilan di luar nikah masih tetap merupakan masalah besar di Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Masyarakat belum dapat menerima anak yang orang tuanya belum jelas, sehingga dianggap anak haram atau hasil perzinahan. Walaupun misal nya perkawinan dapat dilangsungkan tetapi kemungkinan besar perkawinan tersebut tidak dapat bertahan lama karena dilakukan dalam keadaan kesiapan mental dan jiwa yang belum matang.

3. Masalah sosial dan ekonomi keluarga.
Perkawinan yang dianggap dapat menyelesaikan masalah kehamilan remaja tidak lepas dari kemelut seperti:
• Penghasilan yang terbatas sehingga kelangsungan hamilnya dapat menimbulkan berbagai masalah kebidanan
• Putus sekolah, sehingga pendidikan menjadi terlantar
• Putus kerja, karena berbagai alasan, sehingga menambah sulitnya masalah sosial ekonomi
• Ketergantungan sosial ekonomi pada keluarga menimbulkan stres (tekanan batin)
• Nilai gizi yang relatif rendah dapat menimbulkan berbagai masalah kebidanan.
Bila remaja memilih untuk mengasuh anaknya sendiri, masyarakat belum siap menerima kelahiran tanpa pernikahan. Berbeda halnya dengan negara maju seperti Amerika, masyarakatnya sudah dapat menerima kelahiran sehagai basil hidup bersama.

4. Dampak kebidanan kehamilan remaja.
Penyulit pada kehamilan remaja, lebih tinggi dibandingkan “kurun waktu reproduksi sehat” antara urnur 20 sampai 30 tahun. Keadaan ini discbabkan belum matangnya alat reproduksi untuk hamil, sehingga dapat merugikan kesehatan ibu maupun per-kembangan dan pertumbuhan jam. Keadaan tersebut akan makin menyulitkan hila ditambah dengan tekanan (stres) psikologis, sosial. ekonomi. sehingga memudahkan terjadi:

a. Keguguran.
Keguguran sebagian dilakukan dengan sengaja untuk mcnghilangkan kehamilan re-maja yang tidak dikehendaki. Keguguran sengaja yang dilakukan olch tcnaga non-profesional dapat menimbulkan akibat samping yang scrius seperti tingginya angka ke-matian dan infeksi alat reproduksi yang pada akhirnya dapat menimbulkan kemandulan.

b. Persalinan prematur, berat badan lahir rendah (BBLR) dan kelainan bawaan.
Kekurangan berbagai zat yang diperlukan saat pertumbuhan dapat mengakibatkan makin tingginya kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan cacat bawaan.

c. Mudah terjadi infeksi.
Keadaan gizi yang buruk, tingkat sosial ekonomi rendah, dan stres memudahkan terjadi infeksi saat hamil, terlebih pada kala nifas.

d. Anemia kehamilan.

e. Keracunan kehamilan (gestosis).
Kombinasi keadaan alat reproduksi yang belum slap hamil dan anemia makin meningkatkan terjadinya keracunan hamil, dalam bentuk pre-eklampsia atau eklampsia. Pre-eklampsia dan eklanipsia memerlukan perhatian yang serius karena dapat menyebabkan kematian.

f. Kematian ibu yang tinggi.
Remaja yang stres akibat kehamilannya sering mengambil jalan pintas untuk melakukan gugur kandung oleh tenaga dukun. Angka kematian karena gugur kandung yang dilakukan dukun cukup tinggi, tetapi angka pasti tidak diketahui. Kematian ibu terutama karena perdarahan dan infeksi. Pada kehamilan aterm, kematian terjadi karena trias klasik yaitu: perdarahan; infeksi; dan gestosis (pre-eklampsia-eklampsia).
Dari uraian di atas timbul pertanyaan yang mendasar, bagaimana memecahkan masalah kehamilan remaja? Jawaban dari pertanyaan tersebut sangat sukar dan kompleks yang menyangkut berbagai segi kehidupan masyarakat, diantaranya:

1. Pengaruh globalisasi.
Arus informasi yang menyebabkan dunia makin sempit sangat memudahkan dan mendorong remaja mempunyai perilaku seks yang makin bebas. Keadaan bertambah sulit diatasi bila jumlah anak dalam suatu keluarga tidak terbatas sehingga kualitas pendidikan rohani kurang mendapat perhatian. Semua agama berpendapat bahwa kehamilan dan anak haruslah bersumber dari perkawinan yang syah menurut adat-agama dan bahkan hukum dan disaksikan masyarakat. Situasi demikian memerlukan sikap dan perilaku orangtua yang dapat dijadikan panutan dan surf tauladan bagi remaja.

2. Upaya memberikan pendidikan seks.
Sudah lama diperdengarkan tentang pendidikan scks pada remaja guna memberikan pengetahuan tentang seks dan penyakit hubungan seks. Masalahnya siapakah yang patut memberikannya, dan bagaimana bentuk pendidikannya menyebabkan pendidikan scks menjadi terkatung-katung.

3. Keluarga berencana untuk remaja.
Kenyataan yang dihadapi dapat disimpulkan bahwa perilaku seks remaja menjurus ke arah liberal, tidak dapat dibendung, dan hanya mungkin mengendalikannya sehingga penyebaran penyakit hubungan seks dan kehamilan di kalangan remaja dapat dibatasi. Dengan pertimbangan itu maka perlu dicanangkan program keluarga berencana dikalangan remaja, digalakkan, sehingga pengendalian perilaku seks dapat tercapai.

4. Pelayanan gugur kandung.
Pelayanan gugur kandung remaja banyak dilakukan oleh lembaga tertentu atau dilakukan secara perorangan untuk menghilangkan keadaan dalam persimpangan jalan pada remaja. Melakukan gugur kandung merupakan tindakan yang paling rasional untuk menyelesaikan masalah hamil remaja dengan keuntungan:

• Bebas dari stres hamil yang tidak dikehendaki
• Bebas dari tekanan keluarga dan masyarakat
• Masih dapat melanjutkan sekolah atau kerja
• Bila dilakukan secara legeartis penyulit sangat minimal dan tidak mengganggu fungsi reproduksi
• Biaya ringan, dibandingkan bila kehamilan diteruskan.

Kendatipun melaksanakan gugur kandung merupakan tindakan yang paling rasional dan menguntungkan kedua belah pihak, tetapi bukanlah dapat dilakukan begitu saja karena undang-undang kesehatan tclah menetapkan petunjuk pclaksanaannya dan disertai sangsi hukum. Dengan demikian melakukan gugur kandung bukanlah hebas dari tuntutan hukum dan tuntutan moral pelaku dan yang meminta dilakukannya. Perlu kiranya kita renungkan kembali bunyi “sumpah dokter:” Saya akan menghormati setiap hidup insani mulai dari saat pembuahan.

Klik link dibawah untuk Informasi lainnya

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar