Penyakit Menular Seksual (PMS)

Diposting oleh PERPUSTAKAAN ONLINE KEBIDANAN

Penyakit Menular Seksual (PMS) disebut juga Infeksi Menular Seksual (IMS). Masalah yang serius dan perlu diwaspadai pada PMS adalah kemampuannya untuk masuk tanpa disadari. Banyak pria dan wanita yang membawa bakteri atau virus PMS ini bertahun-tahun tanpa menyadarinya, dan tanpa sadar menularkan pada pasangannya. Namun dalam beberapa kasus, penderita dapat merasakan gejalanya seperti luka, nyeri buang air kecil dan buang air besar, sampai sakit dan nyeri seperti flu.

Ada dua PMS yang umum terjadi pada manusia diantaranya Chlamydia dan Aids. Pada Chlamydia, gejala awal yang dialami oleh penderita adalah nyeri saat buang air kecil atau sakit tenggorokan. Chlamydia ditularkan melalui seks oral, vagina atau kontak dengan dubur. Gejala sakit tenggorokan ini biasanya dialami oleh penderita yang menyukai seks oral karena penularannya melalui seks oral.


Penyakit Menular Seks lainnya yang paling mematikan adalah AIDS, yang merupakan singkatan dari Aquired Immune Deficiency Syndrome. Penyakit ini ditularkan oleh infeksi yang ditimbulkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus HIV menyebabkan kerusakan sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga tubuh mudah terserang penyakit. Gejala yang dialami adalah gejala mirip flu, demam, penurunan berat badan, kelelahan, diare dan infeksi kanker karena hilangnya kekebalan tubuh terhadap penyakit.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar