Nutrisi Di Masa Kehamilan

Diposting oleh PERPUSTAKAAN ONLINE KEBIDANAN



Nutrisi sangat diperlukan oleh ibu hamil dan janin selama masa kehamilan. Kita sering mendengar di televisi dan media massa bahwa banyak kasus Gizi Buruk pada bayi, bayi lahir di bawah berat normal, janin yang lahir dengan fisik yang tidak normal bahkan banyak terjadi kasus Kematian Ibu melahirkan dan kematian janin dalam kandungan.

Terlepas dari faktor takdir, tetapi Tuhan selalu memberikan kita kesempatan untuk memperbaiki diri dan mencegah hal-hal negatif yang bisa menimpa kita. Salah satu penyebab terjadinya kejadian-kejadian buruk itu adalah karena kurangnya asupan nutrisi bagi wanita hamil dan janinnya selama proses kehamilan.

Menurut saya Faktor ekonomi yang lemah tidak menjadi penyebab utama terjadinya kekurangan nutrisi ini karena kasus-kasus ini banyak terjadi di pedesaan yang notabene merupakan sumber nutrisi yang berasal dari alam. Nutrisi itu tidak saja bisa didapatkan dari makanan dan susu ibu hamil yang mahal seperti yang ditawarkan iklan di televisi. Semua itu berasal dari produk nabati dan hewani yang sekali lagi dipasok dari desa. Tapi mengapa sebgaian besar kasus kekurangan nutrisi ini berasal dari desa? Jawabannya tidak lain karena mereka kekurangan informasi dan pemahaman tentang nutrisi yang harus dipenuhi selama kehamilan.

Sebagai contoh, asam folat merupakan salah satu nutrisi penting untuk produksi darah dan protein, enzim efektif, serta mencegah kecacatan janin. Padahal asam folat bisa diperoleh dari sayuran berdaun hijau, buah dan sayuran berwarna kuning gelap, kacang merah, kacang polong, dan kacang tanah. Di kota besar mana ada kebun kacang merah dan kacang polong, yang ada paling kacang polong dalam kaleng yang harus dibeli di swalayan atau supermarket.

Atau contoh lainnya, kalsium dan vitamin D dibutuhkan untuk gigi dan tulang yang kuat, penyerapan kalsium, serta kontraksi otot rahim. Sumber terbaik kalsium dapat ditemui pada susu, keju, yoghurt, dan bayam. Vitamin D diperoleh dari sinar matahari pagi, yang Tuhan pun nggak pernah menagih bayaran hanya gara-gara kita memakai sinar matahari,

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar